image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Alasan Kenapa Pembaca Kaskus Semakin Meredup (No Offense)

Abis makan siang gue ga langsung ngerjain kerjaan, ada kopi yang harus diminum beberapa teguk selagi panas, sambil scroll-scroll timeline FB.

Karena sekarang jamannya share-share apapun di socmed, termasuk artikel-artikel hot thread dari Kaskus, secara gue juga like fans pagenya agar bisa dapet update pengetahuan.

Tapi makin kesini gue ngerasa gerget juga sama halaman baca artikelnya Kaskus, gerget pengen ngomentarin, bukan maksud membuat citra Kaskus yang kurang baik, tapi gue berharap ini bisa jadi feedback positif buat Kaskus.

Karena gue juga suka baca-baca artikel di website lain jadi ya gue compare aja kali yah untuk sekedar benchmarking.

Cekidot.

Coba amati dulu deh halaman baca Kaskus.



Ketika gue klik link artikel Kaskus yang di share itu, mucul lah halaman ini.

Boom.

Dari awal header sampe awal kalimat pembuka dari artikelnya banyak banget distraksinya, yaawlooohh, pusing gue, mata gue ketarik kesana-kesini, banyak link yang pengen di klik juga, belum lagi kebiasaan di kaskus tuh sebelum ke inti artikelnya ada manra-mantra yang menurut gue itu ganggu banget.

Ketika mulai masuk artikelnya, hal yang paling gue malesin adalah, "Show Spoiler"

Tau kan? jadi ngasih kerjaan juga buat gue untuk ngeklik satu-satu tuh spoiler, hadeuuh.

Terus dari designnya banyak banget kotak-kotak frame, bikin mata susah buat bernafas, hvt.

Ketika sampe bawah beres baca artikelnya, muncul lagi mantra-mantra yang ga penting, bikin capek sekaligus ngeselin sama mantranya, apalagi kalau udah ada kutukan, kalau jadi silent reader jodohnya Eli Sugigi, ga bangett.

Sekarang beranjak ke kolom komentar.

Isinya banyak banget orang yang spam komen karena ngejar achivement, gue yakin dia ga baca full.

Sidebarnya juga udah deh capek.

Di sebelah kiri box komentar ada sejenis profil sang komentator, dan itu isinya banyak banget dimulai dari foto, nick name, cendol, join kaskus, jumlah post dll.

Jadinya penuh banget.

Pernah liat halaman komentar di 9gag ga? itu juara banget, simple, gue sebagai pembaca jadi bisa nikmatin isi komentar mereka, tanpa banyak gangguan.




Coba sekarang kita compare sama satu website yang lagi hits, Hipwee.





Halamannya enak banget buat dibaca!

Udah nyaman banget buat mata, bikin betah, ga banyak call to action pulak, contennya original atau engga? gatau sih.

Hipwee tuh enaknya tanpa harus baca keseluruhan tulisannya gue bisa paham sama isi artikelnya dari baca point-pointnnya doang wkwkwkw.

Bahasanya anak muda banget deh lumayan.

Hipwee sebenernya bisa jadi saingan Kaskus banget nih, kalau Kaskus ga fokus di satu hal ya jadinya gini, kalau Hipwee bisa fokus di konten yang asik dan menarik untuk pasar anak muda.

Selain web-web dalem negeri gue juga baca yang dari luar, contohnya ini web favorit gue.

Medium.



Aga mumet mungkin kalau liat layoutnya yang keliatan banyak texnya, tapi sensasi bacanya nyaman baget lah asli, cobain deh buka dan baca salah satu artikel.

Dia ga butuh sidebar.

Whitespacenya banyak, content containernya punya wide yang cukup, ga bikin mata bolak-balik kejauhan dari tiap barisnya.

Gitu deh.

Mudah-mudahan kedepannya gue bisa redesign Kaskus dengan alignment dan komposisi yang rapi.

Ya akhir-akhir ini gue lagi demam banget sama yang namanya UI/UX apapun gue kaji, dan gue praktekin, kadang ya cuman bisa koar-koar doang kaya gini, sori yak.


Best Regards,
Freak Nose
Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

7 comments:

  1. PERTAMAX GEMBOK JENDRAL B)

    Saya sih masih setia sama Kaskus, Bang. Karena buka Kaskus dari UC Browser atau aplikasi Kaskus 'show spoiler' tidak ada lagi. Jadi langsung spoiler dengan otomatisnya x))

    Banyak spam komen dan lain ga penting wajar aja Bang, karena itu forum. Beda dengan Hipwee. CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap komandan!

      Wah iya nih gue ngejudgenya dari versi Desktop doang ( ^w^)v

      Salah juga buat ngecomparenya, dasar aja inimah blogpost kebut, tanpa riset tanpa survey, cuman numpahin abstrak doang xD

      Makasih banyak ya komentarnya!

      Hapus
  2. Bener juga sih, makin kesini saingan emang makin banyak. pasti ada + - nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Han! duh dah lama lah ga blogwalking kesana.

      Ada bata dan cendol kalau di kaskus xD

      Hapus
  3. Hati2 aja klo blnja d kaskus. Utamakan cod,

    BalasHapus
  4. klo di PC, SHIFT + X utk buka smua spoiler.
    btw klo cm niat baca berita. ga ush baca komen om :))

    BalasHapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)