image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Bismillah, Belajar Usaha Kaos (lagi)

Semua orang pengen punya duit lebih, seneng banget kayanya kalau punya duit lebih 524juta tiap bulan.



Selain jadi orang yang suka design aplikasi android atau web, gue pengen belajar juga jadi pengusaha, belajar jadi bos kecil-kecilan, yang karyawannya juga gue sendiri, alias segala sesuatu gue coba usahain sendiri.

Yang sedang gue usahakan sekarang adalah ngedesign kaos, dari dulu gue pengen banget punya clothing-an sendiri, coba deh bisa di cek beberapa tulisan gue mengenai dunia kaos ini.

Belajar Jadi Wirausahawan Muda Ahhh


Berawal sekitar tahun 2007 dimana design mulai berkembang pesat melalui medium kaos dari distro-distro terkenal, contohnya adalah 347unkl.

Remember?

Dimana temen-temen gue pas SMP mulai terhipnotis dengan design-design kaos yang ada, mereka beli dan mereka bangga ketika mengenakannya.

Gue pengen kaos-kaos keren itu, tapi karena pada tahun itu harga kaos-nya terasa mahal menurut gue yang jarang punya duit lebih, jadi ya gue cuman bisa ngeliatin, sesekali beli KW-nya atau beli Darbost (berdiri dari semua golongan) yang ada labelnya di lengan itu, ga kalah gaul deh wkwkw.

Sempet terlupa akan cita-cita itu, kemudian ingat lagi ketika SMK, dimana ada mata pelajaran kewirausahaan yang menyediakan alat sablon digital, dan gue cobalah bikin bareng temen-temen, sempet bikin beberapa dan dipajangkan untuk dijual, ga ada yang laku sih, tapi gue ngerasa bahagia banget bisa bikin produk sendiri.

Designnya masih kurang oke ._.


Waktu terus berjalan..

Tahun 2014

Skill design gue mulai sedikit membaik, klien pun berdatangan, ada yang suruh bikin banner, ada yang suruh editin foto, ada yang suruh bikin cover buku, hingga suatu saat ada yang nyuruh gue bikin design kaos!

Dari situ gue mulai belajar, gimana sih usaha kaos itu, darimana awalnya dan apa aja yang mesti gue lakuin.

Belum cukup banyak investasi ilmu yang gue dapet, gue langsung gerak aja cari konveksian yang murah, gue survey sepanjang jalan Suci tapi budgetnya men, mesti gede, karena emang produksinya lusinan, minimal 2 lusin.

Perjuangan cari konveksi kali itu bisa dibilang nihil, salah satunya gue ga punya modal yang kuat, tapi pencarian ini akan berguna beberapa tahun yang akan datang.

Waktu masih berjalan, satu minggu, dua minggu, 1 bulan, 2 bulan, hingga suatu waktu gue kembali menemukan momentum ini.

Tahun 2016

Ilmu yang gue peroleh seputar kaos cukup kuat, dan yang lebih ajaibnya lagi, pertama kali gue browsing tempat konveksian, di halaman utama gue menemukan jodoh gue! Dimana kaos ini bisa cetak cuman satuan!

Spesifikasinya cuman satu warna, tapi itu udah cukup banget buat gue.

Gue datengin tempatnya, dan deal! Kita bekerjasama, ternyata memang membutuhkan kolaborasi dari orang lain.

Ga akan pernah ada orang yang bisa bekerja sendiri, pasti akan ada orang lain yang dilibatkan, boong banget kalau ada yang bilang "Iya gue lakuin sendirian."

Kerjasama yang gue dapat menghasilkan banyak persyaratan atau spek design, yang kaya tadi itu, kalau bisa sewarna, ukuran paling besar adalah A3, ga bisa bolak-balik, kecuali nambah harga dan sebagainya.

Ada beberapa draft konsep yang gue bayangin tentang kaosnya, kalau ga tentang game, tentang musik, anime, sepak bola, atau film, karena itu semua udah ada target marketnya, pasti ada yang beli.

Hingga akhirnya gue putuskan gue lebih memilih design tentang sepak bola, spesifiknya adalah Tottenham Hotspur.

Alasannya simple, 

Karena gue suka Spurs, dan gue pengen para pendukung Spurs bisa mendukung dengan lebih stylish.

Dalam waktu yang ga terlalu lama, dari dunia blogger munul undangan untuk menghadiri review aplikasi dari JNE, gue pun ikut dateng bareng Blogger Bdg.



Acaranya keren banget! Dan yang paling cocok adalah, aplikasinya, aplikasi yang emang mempermudah untuk para Online Shopper dalam bertransaksi barang.

Jasa pengiriman barang yang salah satunya JNE ini mereka mulai berkembang sangat pesat semenjak online shop yang begitu menjamur.

Dari aplikasinya sendiri satu fitur yang paling epic adalah, aplikasi itu bisa ngtrack barang yang sedang dibeli, dari menu My Shimpment, gokil! 



Sekalian iklan pokonya ini, soalnya ini bakal berguna banget buat gue ntar.

Pas gue pulang dari acara itu, omg, ini udah kaya arah dimana gue dituntun untuk melanjutkan usaha kaos ini.

Sedikit cerita aja sih mengenai dunia kaos ini, mudah-mudahan ada yang terinspirasi atau bahkan bisa berkolaborasi, hayuk!




Segera launching ya produknya, baru dikit sih designnya, ntar sambil jalan aja nambah designnya, mohon doanya!

Best Regards,
Freak Nose
Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

4 comments:

  1. Wah itu kaos item bertuliskan Spurs menggoda sekali, mau dong buat diendorse.
    Udah lama ga kumpul sama Blogger Bdg euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen langsung coba produksi sih Rif, modalnya belum ada tapi xD

      Oh dulu suka kumpul-kumpul juga Rif? ntar kalau mau dateng kasih tau ya!

      Hapus
  2. Sepemikiran dah, saya dulu juga pengen punya produk sendiri terutama kaos. Apalagi lagi berusaha mendalami dunia desain. Sukses deh kak, amin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama pengalaman bikin produk sendiri ada satu hal kendalanya, sulit untuk memulai dan untuk berkonsistensi Han, huhu.

      Aamiin mudah-mudahan ini bisa jadi pintu rezeki yang halal /.\

      Hapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)