image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Waktu Memang Mengajarkan Segalanya.

Kalau mau jadi penulis harus banyak-banyak baca buku, mau jadi designer hebat harus banyak-banyak juga ngamatin karya-karya yang ada, mau jadi CEO harus ngalamin dulu gimana rasanya jadi karyawan, mau jadi orang tua ya pasti ngalamin dulu jadi anak, mau jadi orang tua yang baik ya harus jadi anak yang baik.

Mau jadi penulis hebat? Berarti harus jadi pembaca yang hebat juga.

Hebat dalam arti, Kalau suka novel banyakin baca novel yang disuka, kalau sukanya romance ya bacanya romance bukan yang lain, bisa juga jadi penyegar disaat udah mulai penat.

Iya kalau dipikir-pikir sesimple itu sih.

Dulu, duluuu banget gue pernah pengen jadi penulis novel, ya mungkin sekarang pun masih ada hasrat jadi penuls.



“Pokonya pengen jadi penulis novel!” Sesaat setelah baca habis novel pertama gue, secepat itu reaksinya, entah hormon apa itu yang memicu pada saat itu, kemudian gue mulai membeli beberapa buku tips-tips menulis, dan belajar dari internet tentang menulis.

Kemudian gue mulai menulis.

Tau hasilnya? Tulisan yang gue buat terlalu mengerikan untuk dibaca oleh orang lain, itupun engga beres karena energi gue habis, penat.


Udah baca ini belum?


Satu Kata, PENULIS!

Berawal dari situ kalau ga salah,

Ada satu sample fiksi yang gue buat.


Beberapa tahun kemudian gue mulai menyadari sesuatu,  salah satunya mengenai dunia kepenulisan ini.

Hari ini gue beli buku, ada 2, yang satu dari Winna Efendi “Happily ever after” dan satu lagi dari Austin Kleon “Steal like an artist”




Salah satunya adalah novel, novel lama memang, cetakan pertamanya tahun 2014, tapi entah kenapa gue pengen banget bawa pulang ini novel, ternyata tinggal sisa 2 buku, dan dua-duanya udah ga ada sampul plastiknya, karena ngebet ya beli aja.

Pukul 00.45 setelah selesai nonton film The Words dari laptop (entah kenapa hari ini ditakdirkan untuk nonton film tentang menulis juga)  kemudian gue mulai menyusun bantal dan guling pada sandaran kasur, dan mulai membuka halaman pertama novel yang tadi siang baru gue beli.

Dan boom, semua hal yang terjadi beberapa tahun silam atas semua kebiasaan gue ketika membaca novel Winna Efendi ini (atau apapun yang berhubungan dengan Gagas Media, karena gue seneng baca buku Gagas) seketika kembali.

Menghabiskan malam dengan novel, karena malam hari ga pernah ada yang ngajak ngobrol ketika gue lagi baca buku, kalaupun ada pasti gue lari.

Oh iya satu hal terpenting ketika baca buku tengah malam adalah cemilan, kalau engga tengah malem kelaperan di kamar itu bukan hal yang lucu, padahal tinggal ngambil makan atau sekedar makan lauk pauk yang tersisa dari makan malam di ruang tengah, tapi pasti mager banget.

Balik lagi disaat gue baca novel, semua mimpi-mimpi gue seketika kembali, dengan ruangan yang masih sama dengan beberapa tahun silam, selimut yang masih sama.

Kemudian gue bergumam “Kenapa sih dulu gue pengen banget bikin novel? Dan kenapa bisa gagal?”

“Oh ternyata karena itu.”


Gue pun menyimpan novel untuk membuka laptop, dan mulai menuliskan alasannya.




Best Regards,
Freak Nose
Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

11 comments:

  1. Gua klik postingan ini karena ada gambar bukunya austin kleon. Kirain mau review gitu, eh bukan ternyata. Huhuhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuh.. gitu ya, maafin, gue anggep ini sebagai masukan, makasih ya :)

      Hapus
    2. Sekali lagi maaf kalau kurang relevan.

      Hapus
  2. Mulia sekali cita-citanya. Bagaimana kalau yg nawarin nerbitin novelnya dari Gramed atau Mizan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu nih udah jadi penulis jagoan.

      Eh tapi kalau ada yang nawarin mah mau Rif, Gramed sama Mizan juga publisher besar.

      Hapus
  3. ah kamu ternyata puya cita-cita murni kayak aku: JADI PENULIS.
    dan.... selalu merasa gagal karena novelnya selalu ga beres (pernah beresin satu novel itupun buat lomba, ga menang dan soft filenya dan hardnya hilang).
    akhrinya jadi penulis cerita di forum forum selama setahun.. kemudian hiatus..
    nulis blog 2009-2012... hiatus 3 tahun, sekarang makah nulis review makanan hahahahah *hidup sulit ditebak*


    pada akhirnya akan selalu ada jalan untuk 'nulis' dan jadi 'penulis'... seenggak kita bisa disebut 'penulis blog' kan ya? hahahahahahahhhaha



    dam, folback ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ces dulu dong *ces*

      Kayanya semua yang main Blog pasti pengen jadi penulis, iya ga sih Teh? asumsi sih dari 2 sample hahaha.

      Nulis novel tuh kaya marathon, butuh tenaga jangka panjang, kadang bisa sprint sampe 15 halaman sekaligus, besoknya tepar, kemudian males.

      Itu yang ilang kok nyesek banget sih ._. tapi keren lah bisa beresin itu Novel.

      Udah sama Folback ya teh :D

      Hapus
    2. *angkatbotolcocacola*

      iya , bog itu membantu banget karena jadi wadah untuk calon-calon penulis (belum jadi) ini.. soalnya ada juga yang akhir karena blog jadi pengen nulis novel, ada yang mulai dari pengen nulis novel malah ngeblog dulu. macem-macemmm....... indahnya duniiiaaa.

      duh... itu pisan. aku pernah gitu, 15 halaman sehari, besoknya mata kesemutan *eh. udahnya mata sakit lihat komputer terus. sekarang aja blogwalking terus aku tidur ga tertaur jadinya hahahahah.

      itu beres karena hampir deadline. jaman tahun 2007 aku masih kelas 10 itu. hahah
      pertama nulis itu nulis novel pake tulisan tangan jaman SD.

      errr kok folbac kamu sama ami ga masuk ya. aneh -_-

      Hapus
    3. ah aku udah join sitemu juga kekekekekekekek.

      Hapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)