image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Introspeksi.

Selamat malam dari kamar gue buat yang lagi baca blog, mudah-mudahan hari esok dan esoknya lagi bisa lebih majestic dari Singa jantan.

Ada banyak banget hal yang gue rasain beberapa minggu ini, semuanya berakhir dengan inrospeksi diri, berkali-kali gue disadarkan dengan hal-hal yang sedikit keras, senjata apa lagi yang lebih keras selain lidah manusia.

Mungkin gue emang tipe orang yang harusnya sakit dulu sebelum gue sadar satu per satu, berharap semuanya belum terlambat untuk gue perbaiki hingga gue bener-bener kembali untuk bersikap lebih baik lagi dari sebelumnya.

Gue senenang punya lingkungan kaya sekarang, dimana kritik membangun sering gue dapet dengan caranya masing-masing, ga pernah ada yang bener-bener ngejatuhin tanpa ada uluran tangan yang berupa kritik membangun.

Satu per satu berusaha gue lewatin, dengan beberapa kunci, Menerima masukan, open minded, mengakui kesalahan, dan langsung perbaiki.

Katanya umur 20-22 ini titik umur si labil.

Blogpost kali ini mungkin gue tulis untuk pengingat dan mungkin jadi pembelajaran buat kalian yang baca, bukan maksud gue menggurui, tapi berbagi pengalaman aja atas saran-saran yang gue peroleh.

Fokus

Dimana-mana yang namanya hidup itu harus fokus, kalau mau pulang ke rumah ya harus tau jalannya kemana, harus fokus sama jalan pulang, kalau mau ke lain tempat usahain jangan lama, karena keluarga pasti menunggu.

Mata pun kalau engga fokus bisa celaka, pake lah kacamata biar fokus.

Kalau ngitung kembalian dari Alfamart ya harus fokus meskipun kadang pusing juga nerima duit kembalian, bermodalkan rasa percaya duit kembalian pun seketika masuk kantong, lol.

Jadi orang yang engga fokus tuh bisa bikin orang lain kesel, atau mungkin bikin diri sendiri jadi bosen atas apa yang di lakuin karena engga menyelesaikannya dengan segera.

Pernah ngikutin serial Naruto?

Seru kan kalau bahasannya on the track, bahas-bahas yang penting sesuai plotnya, atau bagian aksinya yang sengit dan kagum atas skillnya yang edan eling, atau ceramah-ceramah Naruto yang bisa nyadarin banyak orang.

Tapi kalau kebanyakan Ceramah? Atau yang lebih parah lagi kalau kebanyakan Filer sampe beberapa number? Yang tiap minggu di tungguin cuman Filer doang? Malesin? Banget!

Kenapa? Karena engga fokus itu.

Jadi fokus itu engga mudah, bakalan banyak banget distraksi sana-sini yang juga indah, juga hal yang paling engga banget itu stuck, stuck disaat semangat-semangatnya.

Kalau untuk fokus jarak pendek boleh lah lu sprint sendirian, tapi kalau misalkan buat fokus marathon? Ga bisa bro lu lari sendirian, buat gue sih gitu, lari bersama itu bisa bikin kuat.

Ya intinya sih Fokus.

Fokus sebelum orang lain bosen karena lu ga beres-beres, atau fokus sebelum lu sendiri bosen atas apa yang lu kerain ga beres-beres.

Jangan Idealis

Apa yang di lakukan dengan hasil akhir Subjektif sangat mungkin membuat orang-orang bangkit dengan idealismenya, beda dengan hasil akhir yang Objektif dan Konkrit karena hasil akhirnya pasti di ketahui dengan mudah.

Selama kerja atau selama sekolah ga akan ada suatu hal yang engga melibatkan orang lain, pasti ada aja orang lain yang bakal terlibat dalam apa yang dikerjain.

Gue kasih contoh.

Misal, gue ada kerja kelompok, semua orang punya otak yang beda-beda, mau ga mau harus nerima masukan atau ketidak setujuan orang lain, standard kan?

Sekarang misal gue ngerjain tugas sendirian, tetep ga bisa ngerjain sesuai apa yang gue mau, gue tetep harus nurutin format yang ada.

Kerjaan pun kaya gitu, meskipun bukan kerja Tim, akhir-akhirnya bakal berhadapan dengan client, mereka yang punya biref, atau dengan hasilnya apa yang di kerjain pun harus bisa bisa bikin orang lain paham dan puas, segala estetika harus di perhatikan.

Kecuali kalau lu mau di sebut idealis. :) 

Semua orang pasti punya prinsip, tapi ya engga sampe idealis juga

Lu bakalan tau sendiri mana orang yang kata-katanya pantas lu turutin.

Friend better than socmed

Semua orang paaasti punya hiburannya masing, lagi bosen pasti pengen cari hiburan, hiburan ga perlu mahal-mahal, kalau misalkan Novel harus bayar, ada banyak game smartphone yang gratis, yang online maupun offline, atau DOTA 2 juga sebenernya gratis sih, banyak deh.

Nah contoh di atas hiburan-hiburan ringan, paling ringan itu game Offline, yang engga ngelibatin banyak orang, bakal beda banget ceritanya kalau game Online, yang ngelibatin orang lain, dimana orang-orang Vitenam maen di Mid, yang bikin naik pitam.

Sori-sori.

Yang mau gue sampaikan disini adalah, dikala hiburan yang ada jangan terlalu serius sampe-sampe bisa nyakitin orang-lain, main DOTA bisa bikin emosi, men Gamebot juga bisa bikin emosi bisa bilang “Bego lu! Bego lu!” beda kisahnya kalau ngomong gitu pas lagi war DOTA 2, pasti bakal ada yang bales “Apa lu cok? Urusin tuh Creep.”

Kalau udah kaya gitu Mood udah edan eling.

Paling di uji lagi kesabaran kalau maen Pro Evolution Soccer, yang dimana musuh itu ada di sebelah dan itu temen sendiri, kalau udah nyesek karena dijebol di losstime udah, bakalan ada awkward moment buat 10 menit kedepan, atau malah ada baku hantam itu yang pro, atau yang newbie mungkin stick yang jadi kambing hitam.

Hiburan itu simple, tapi kalau disikapin terlalu serius malah bisa jadi masalah serius juga.
Socmed, ada untuk hiburan, ya bisa lah kalau di tambahin buat pencitraan, berhubung ini menyangkut orang banyak jadi harus hati-hati juga makenya, sumpah ngeri banget kalau udah liat chaos di socmed, dari dunia digital aja bisa merambat ke dunia nyata.

Gausah terlalu addict sama socmed, orang-orang sekitar jauh lebih berharga dari orang-orang jauh di sana yang terasa dekat dengan digital.

Gue tulis ini karena pernah ngerasain hal yang engga banget mengenai socmed ini, gue ga mau sampe ini terulang, ngeri banget.

Hiii ngeriiii.

Belajar dari kebiasaan sedikit demi sedikit gue ngerti atas kehidupan bersosial, dimana hidup itu emang urusan orang lain yang nilai, tugas kita cuman buat nyiapin yang terbaik baut di suguhkan untuk yang lainnya.


Best Regards.

Freak Nose

Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

6 comments:

  1. Super sekali.
    Mau dong cerita tentang sosmednya btw.

    Oh iya mau nanya dong, tapi keluar topik nih. Biasanya kalo buat gambar yang simple lucu itu pake apa? Adobe Illustrator atau apa? Btw makasih jawabannya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuh masih aga parno juga sih Han cerita ttg socmednya ._.

      Sebenernya Photoshop sama Ilustrator juga bisa kok bikinnya, kalau basisnya vector mending Ilustraor, yang gue bikin di IG itu pake Ilustrator juga :D

      Nanti kapan-kapan dibkin blogpostnya deh, duh numpuk juga draft nih huhu.

      Hapus
  2. jangan idealis; idealis itu penting sih menurut aku, seenggaknya kita punya sesuatu yang kita yakinin.. yang salaaah, kalo jadinya egois. apalagi kalo ada di sebuah tim yah.. harus kuat berargumen kalo mau mempertahankan ke-idealis-an kita, tapi tetep harus mau diajak kompromi, jangan maksa ntar jadinya resek. hahaha..

    Friend is trully better than socmed. Ngeri banget sih emang kalo pertemanan bisa sampe hancur gara-gara seonggok socmed. Harus bener-bener lebih bijak dengan sosmed ini. jangan sampe benda mati jadi benda hidup, orang hidup jadi benda mati. Hati-hati yah, jangan sampe jadi "human nowdays"......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia, Sailor Moon nya dateng.

      Bener sih ya semua orang pasti punya basic idealisnya masing-masing, kedepannya tinggal mengelola, jangan sampe jadi resek sendiri gara-gara ga bisa ngolah idealismenya, telebih lagi orang beda-beda, ga bisa disamain style membaurkan ide, huhu, setuju banget pokonyaa!

      Seonggok socmed, saking ga ada nilainya kalau di bandingin sama Temen, iya siap bakal lebih hati-hati pokonya kedepannya, amit-amit jadi Human Nowdays kalau kaya gitu jadinya.

      Mantappp!

      Hapus
  3. Ibarat kayak lagi nulis, harus fokus. Biar imajinasi liar nggak merembet ke mana-mana. Makanya butuh outline biar fokus. Hehehe.

    Soal idealis kayaknya harus dipertahanin juga. Cuma gue mau komentar idealis yang menyangkut hal realistis. Ya, misal idealisnya pengin jadi penulis. Tapi untuk makan, kan, belum tentu bisa kalo cuma nulis aja. Harus realistis gitu. Tetep jadi pegawai kantoran, tapi sambil nulis buku. Haha.

    Nah, kebanyakan orang-orang sekarang udah nyaman sama socmed.
    Pernah tuh ada kejadian, temen gue selek sama temennya gara-gara socmed. Ya gitu, nggak suka sama TL yang gegalauan terus dia unfol temennya. Eh, malah jadi rumit. Ckck.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengamat yang baik lu bro xD

      Kayanya gue bakalan lebih banyak belajar lagi sama komentar-komentar yang masuk nih..

      Btw akhir-akhir ini gue jarang bikin outline kalau nulis, kerasa banget ga fokusnya :(
      Malah curhat ._.v

      Hapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)