image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Tools Prototyping Aplikasi yang Paling Gue Suka!

     
Pixate Prototyping Application Android and iOS
  


     Buat para mobile application designer sekarang bikin prototype aplikasi ternyata ada yang lebih keren lagi, engga cuman interaksi perhalaman yang statis kaya Popapp atau Invision, tapi aplikasi ini lebih berjalan dinamis, interaksi satu halaman bisa dibuat beragam! 100% Native prototype.

Pixate.


Pixate Prototyping Application Android and iOS


      Keluaran Google entah tahun berapa, gue ga akan bahas detailnya disini hahaha, cuman mau sedikit share aja apa yang telah gue coba, dan ini sangat membantu untuk bikin prototype yang lebih interaktif dan tentunya lebih macho ketika dipresentasikan.

      Kemaren-kemaren gue kalau bikin prototype aplikasi pake Popapp itu, gara-gara sekarang jadi trial ya gue pindah ke Invision, tapi ternyata Invision engga cukup jelas untuk jadi guide developer nantinya.

      Gue sempet bikin interaksi pake Adobe Edge Animate, itu DIY banget lah, ya bikin prototype sekreatif mungkin dengan tools yang ada, tapi itu naudzubillah ribetnya, gue pake teknik dari Digital Publishing Suite nya Adobe InDesign, jadi setelah animasinya berhasil gue export ke InDesign buat di jadiin Interactive book.

     Gue buka deh di HP pake Adobe Publisher.
  
      FYI gara-gara DIY banget, gue bikin animasinya masing-masing dari keseluruhan time line yang ada, terus dikasih trigger untuk tiap interaksi, ribet emang, mana engga native pula.

      Hingga suatu saat gue dikenalin deh sama si Pixate, awalnya engga begitu tertarik, gue pikir kalau Adobe Edge Animate emang engga sukses bikin prototype masih bisa lah pake Adobe After Effect, nanti tinggal dibikin Screencastnya, semua animasi possible banget sama itu tools.

      Hingga pada suatu hari gue coba download si Pixate, daaaann, boom.

Gue kebingungan.

     Ga ada timeline dan keyframe sama sekali, ya gue mikir ini mau dibikin animasi kaya gimana kalau ga ada keyframe sama sekali?

Are u kidding me?

      Sama sekali engga tertarik, gila tampilannya aja asing banget buat gue, mindset gue masih ada di After Effect atau Flash, dimana ya kalau butuh animasi ya butuh keyframe dong?

     Beberapa minggu berselang gue lupa sama dia, karena gue masih fokus di bagian design aplikasi yang terus menuai kontrov... eeehh revisi maksudnya.

      Yaudah sih.

      Tapi yang namanya jodoh, gue penasaran buka landing page nya si Pixate, dan liat-liat dalemannya.

     Hingga gue buka tab Demo.

      Gue ngeliat, kok bisa prototype se real itu? Kayak udah di koding interaksinya! Ajaib!



       Badass enough?

      Kepo lah gue sama Tutorialnya, biasa lah orang yang baru pertama kali nemu tools baru pasti pelariannya sama nonton video Tut.

      Mabok emang, tapi tools ini addictive sekaleh, karena penasaran ya gue ubek terus, hingga gue dapet benang merahnya. Buahahaha.
     Kepanjangan sama curhatnya ya? Ga apa-apa lah, sabar ya, penjelasan si pixatenya mungkin cuman beberapa paragraf di bawah doang.

      Jadi si Pixate ini yang paling powerfullnya ada 2, bukan powerfull sih tapi ya emang ini intinya.


  • Interaksi


      Jadi si Pixate ini langsung maen sama yang namanya Interaksi, lu mau bikin apa? Content nya bisa scroll atas bawah? Bisa! Mau scale? Bisa, Tap? Double Tap? Drag? apapun bisa disni, sampe ke reorder layer.

      Iya Pixate pake layer juga, belajar layer ini emang penting banget buat pemula, karena basic layer ada dimana-mana.


  • Animasi

      Tahap selanjutnya dari interaksi di atas ya animasi, kalau misalkan di bahsa manusiakan 


“Terus mau lo apa setelah ngelakuin interaksi berupa nge Tap si button itu? Pengen ada yang gerak? Yaudah tinggal bikin aja.”


Pixate Prototyping Application Android and iOS


       Sori kalau gue bahas seenaknya, hahaha gue ga bisa kalau serius-serius, bisanya kalau serius itu malem-malem di atas kasur, sambil maen HP maen Elevate hehe.

      Oh iya si Pixate ini online yah, ada untung ada ruginya, karena ini Online jadi bisa langsung real time test di gadget, enak banget dah sensasinya bisa real time test gini, tapi ya kalau offline, ga bisa ngapa-ngapain deh kayanya.

Tinggal nyiapin asset aja mau .jpg atau .png juga boleh.

Singkat kata Pixate ini gratis, dan sangat layak buat di perjuangkan!


Pixate Prototyping Application Android and iOS


      Oh iya guys, dengan Pixate ini gue sama Tim lagi berjuang bikin aplikasi android pertama, marketnya buat anak, doain mudah-mudahan lancar sampe tahap development, semoga berkah.

Kunjungin aja langsung webnya ya.



Best Regards,
Freak Nose
Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)