image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

“Dam, Ilustrator sama Photoshop Bagusan Mana?”

Vector vs Raster


      Sebagai orang yang mulai dikenal sebagai graphic designer ala ala yang dari tahun 2011 gue udah nyoba banyak tools design, bukannya sombong, tapi emang kaya gitu proses gue nyari kesenangan gue dimana, semua tools yang emang hits gue cobain, gue juga bikin artwork, nah dari sini mulai banyak muncul pertanyaan.

“Dam pake Software apa sih?”

 “Dam, Ilustrator sama Photoshop bagusan mana?”

“Dam, waktu itu aku beli Master Creative Suite, cuman kayanya aku lupa nyimpen atau gimana, jadi si DVD nya itu engga ketemu, mungkin akunya lagi banyak dosa, nah kamu kan punya juga? Boleh engga minjem? Kamu kan baik?”

“Dam, cageur?”

      Naaah, gue coba jawab 2 pertanyaan awal di atas, pertanyaan paling basic yang sering di denger sama designer, jadi kalau ada yang nanya lagi pertanyaan serupa, ya gue kasih link ini aja nanti huehehehe.

     Okey, kita mulai dengan pertanyaan pertama.

     Gue ambil salah satu artwork gue yang ada di IG buat di jadiin studi kasus.


A photo posted by Adobe Ranger. (@adamazkiya) on




     Nah begitu ada yang liat ini orang tanya.

“Dam, pake software apa ini?”

     Sebenernya gampang banget buat nebak artwork itu pake software apa, karena gini, pada dasarnya ada 2 tipe grafis, gue coba jelasin dengan bahasa yang paling ringan dan mudah di mengerti.

     Tipe grafis pertama adalah tipe gambar berbasis Vector, apa itu vector? Vector itu jenis grafis yang ga bakalan bisa pecah, karena emang bisa dibuat sebesar apapun ukurannya jika ingin di cetak, gue kasih contoh beberapa hasil karya yang berbasis vector, bakal langsung keliatan mungkin persamaannya.


Vector

Vector

Vector
3 Artwork di atas dari tutorial Tutplus


      Nah itu semua adalah vector, gue sendiri sekarang kerja sehari hari masih dalam dunia vector, gue seneng banget sama vector karena emang ngebantu banget sama kerjaan gue.

      Nah kalau udah tau vector tinggal dicari tau toolsnya, tools yang cukup hits di Indonesia itu Corel Draw, Adobe Ilustrator sama Ink Scape, gue tulis sesuai popularitasnya.

     Gue sekarang pakenya Adobe Ilustrator, jadi kalau udah tau itu vector pertanyaannya tinggal di perdalam lagi sedikit “Itu pake Ilustrator atau Corel Draw?” taunya gue pake Ink Scape hehehe, btw tapi  kan keren tuh kasta pertannyaannya.

    Udah cukup jelas? Udah lah ya, kalau belum tanya di komentar aja, kalau cukup panjang jawabannya gue update blogpostnya.

Pertanyaan kedua.

“Dam, Ilustrator sama Photoshop bagusan mana?”

     Nah udah paham kan sama yang namanya Vector dari pertanyaan petama? Sekarang masuk ke ranah Raster.

     Gampangnya gini sih, kan udah tau sama Vector, jadi grafis yang lo kira itu bukan Vector, berarti itu Raster xD

Foto camera tuh salah satu jenis Raster juga, coba deh di zoom, pecah kan?

Ini basic perbedaan Raster sama Vector.

Vector vs Raster



      Jadi ya kaya gitu, perbedaannya, antara pecah sama engga, tapi jangan ngebandingin sama gambar Vector yang udah di export, karena hasilnya bakal sama aja pecah, kecuali di zoom ketika masih proses editing, mau di gedein 100x juga aman, ga akan pecah, coba foto di zoom 100x, tinggal kotak-kotak kali.

Raster

Raster

Raster
Itu dari Tutplus juga


      Kalau ditanya ‘Which Better’ ya ga bisa di jawab juga, kenapa? Karena ya ini emang tools yang beda, prosesnya juga beda, hasilnya juga beda, kaya kamu sama aku #eaa




Nah kalau Raster pastinya dari Photoshop, tools lainnya paling si GIMP.

      Mirip sih sama pertanyaan “Ronaldo sama Messi jagoan mana?” menurut gue ya ga bisa di compare juga, karena emang tipikal bermainnya juga beda, Rondaldo Srtenghtnya edan, Messi Intellegence nya Rampage, jadi jangan so soan maenin Rikimaru lah, males ga bisa di Charge.

      Udah mulai lapar nih nulisnya, makin ngawur, harus segera di sudahi saja.

     Nah jadi gitu, Ronaldo sama Messi juga beda kan? Ga bisa di compare, meskipun nilainya secara meluas juga ga ada skala yang pasti, lagian mereka juga punya tim dengan individu yang sama-sama hebat dan variatif kan?

Kecuali kalau compare Ronaldo sama Ibrahimovic, sama tuh tipikalnya.

Jadi kalau di ibaratkan.

Ronaldo as Ilustrator
Messi as Photoshop
Ibrahimovis as Corel Draw

Bisa nilai deh ya?


Vector vs Raster

Vector vs Raster


Udah ah laper.



Best Regards,
Feak Nose
Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

10 comments:

  1. Baru tau da kalo maksudnya vektor teh kayak gitu. Hahaha.

    Dah lama ga baca blog kamu yg desain banget gini dam :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aura Home nya jadi beda ya udah 2x berturut2 tulisan ttg design xD
      Kangen juga nulis-nulis seputar design, udah lama sih kebanyakannya curhat.

      Beneran ngerti kan? :giggle:

      Hapus
  2. waaaah karya kamu bagus dam *nunjuk Taichi*!! Suuuuuuukaaaaaaa deh. Hebat hebat. semoga semakin banyak ya karyanya... bisa bikin komik juga kan >.<
    Aku pengen dibuatin logo untuk blogku hahahahahaha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh ceritanya baru nemu konsep gambar baru, jadilah Taichi \o/

      Pengen juga gambar banyak-banyak, bikin karya, tapi nyisihin waktu buat masterpiece ribet banget ngatur waktunya, hiks..

      Dibuatin logo? wani piro ga? xD

      Hapus
  3. ternyata dam keren jugak.... biasa sih gue pake photoshop. walaupun, belum bisa ngevektor....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ahli di satu tools atau satu bidang kayanya lebih keren, ga perlu generalis kalau bisa ahli xD #CMIIW

      Hapus
  4. jadi tau perbedaanya sekarang mah, keren

    BalasHapus
  5. Wah pertanyaan saya yg waktu itu udah kejawab ternyata. Lumayan sih tambah ilmu lagi. Makasih!:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rikeus pertanyaan lagi ga? kan biar nambah ilmu hahaha.

      Sama-sama!

      Hapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)