image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Bullying : Jangan Menciptakan Monster Jika Tidak Ingin di Terkam

       Malem ini gue ngepost di Warnet, lumayanlah dapet suasana baru akakakak, tapi ada yang bikin nyebelin, barusan file .docx gue langsung terserang virus, dan ga bisa di restore #ShitMomment

Alhasil gue balik lagi buat copy filenya.

pffft.

      Bullying itu merusak, bullying itu menjalar apa saja yang bisa diraihnya, bullying itu mengerikan, dan bullying itu menciptakan monster untuk melawan.

      Ada fase dimana ketika gue membully seseorang secara langsung maupun tidak langsung, dan ada fase selanjutnya ketika gue melihat apa yang telah gue ciptakan pada masalalu.

Dan bullying ini bersifat universal, untuk siapa aja kapan aja.

      Beberapa tahun terakhir ini gue ngerasa gue adalah orang yang selalu berprilaku baik terhadap keluarga, saudara dan juga teman-teman.  Ga pernah ngebully dan jarang banget memicu konflik. Kalau bercanda pun ya sewajarnyalah,  jadi secara keseluruhan gue adalah orang yang sangat baik? Belum tentu.

      Masih terasa ada penyesalan di hati gue ketika berfikir dan merasakan atas apa yang telah gue perbuat terhadap lingkungan gue beberapa tahun silam.

Flashback dikit deh.

      Di SD ketika gue masih anak-anak, masih bocah, masih polos, dengan teman-teman yang serupa, mereka berperilaku baik terhadap gue, jarang ada yang melukai gue,  gue senang banget ketika berada di kelas karena gue ga merasa terancam dari semua temen-temen yang ada, dan itu adalah presfektif gue sebagai seorang Adam ketika di SD.

      Sekarang pada hari ini bisa dibilanglah gue udah dewasa bisa membedakan mana yang baik dan buruk, bisa juga membedakan Apel yang baik dan Apel Buruk,  entah bermula kapan dan dimana gue tiba-tiba aja teringat dengan beberapa teman SD gue dulu.

     Ya yang namanya mengingat itukan menyeluruh ga bisa gue milih-milih moment baik doang atau perilaku baik gue doang, ya misalkan ketika teringat berhasil nembak cewe pasti juga teringat ketika putusnya karena dia ternyata selingkuh sama adik kelas, itu kan hal baik dan buruk secara bersamaan dang a sengaja.

Inget ya yang di atas itu misaaal.

      Seketika terlintas sesuatu  dan nampaknya gue telah melakukan kesalahan, dan inilah penyesalan gue.

      Di SD gue adalah sosok orang yang berlaku terserah gue, gue adalah penguasa yang otoriter di kalangan temen-temen SD, gue berani dengan siapa saja, semua orang harus patuh oleh perintah gue, kalau main bola gue harus menang meskipun dengan kekerasan.

Mengerikan.

      Gue kategorikan itu adalahs sebuah bullying, bullying yang gue berikan kepada orang sekitar.

      Bullying memang ga kerasa sama gue yang menjalankan, apalagi ketika dilakukan setiap hari, kayanya udah ngebentuk kebiasaan, tapi gimana jadinya kalau yang jadi kebiasaan itu adalah perilaku buruk yang didapat temen-temen gue pada waktu itu? Karena gue yang berkuasa jadi ga ada yang berani ngomong ke gue kalau gue salah, ga ada juga yang cerita, sehingga gue ga pernah sadar kalau perilaku gue itu kurang baik.

     Semengerikannya itukah gue? Lebih biadab dari pemakan katak setengah matang, tanpa garam!

     Roda pasti berputar, Sekarang gue merasakan bullying, tapi secara halus, ga ada ucapan yang menyayat hati gue secara langsung, apalagi tindakan fisik, ga ada sama sekali, tapi kenapa gue ngerasa gue kena bully.

     Entah bully atau apapun namanya, ini berhubungan dengan pendidikan gue, mohon maaf sebelumnya lagi-lagi gue bawa kampus sebagai pembanding atas pijakan terhadap pemikiran hati gue,  kampus gue memang bukan unggulan, dan itu faktanya.

     Gue ga ngeluh kok sekolah di kampus ini, gue hanya males dengerin omongan-omongan orang diluar sana yang seakan mendiskreditkan jenjang pendidikan yang sedang gue tempuh dengan biaya sendri ini, seakan gue tidak di anggap bahwa gue lagi kuliah, gue lagi kuliah men! Mereka di luar sana terlalu membanggakan alamamater kampus mereka yang memang terpandang di Indonesia, sehingga kampus gue sekakan tak berarti apa-apa.

Tapi ga semuanya orang diluar sana kaya gitu kok.

      The point is, Apakah gue yang terlalu sensitif atau ada yang merasakan atas apa yang gue rasa juga.

     Gue bukan tipe orang yang selalu menganggap diri gue adalah orang yang paling terpuruk atas semua kejadian yang ada. Sisi positif dari setiap kejadian selalu ada kan?

Oke sedikit lagi mengulas teman-teman SD gue.

     Temen  yang gue rasa itu adalah korban bullying gue yang ga pernah bisa ngelawan, nampaknya perilaku bully yang gue berikan terhadapnya dia rubah menjadi sebuah motivasi untuk berhasil, berhasil untuk apa? Untuk melawan gue mungkin secara tidak langsung, salah satunya motivasi untuk belajar, fine ga bisa ngalahin gue secara kekuasaan, tapi dalam pendidikan?

      Dan sekarang beberapa temen gue berhasil duduk di salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, perilaku buruk yang gue berikan ternyata menjadi pedang bermata ganda, tinggal siapa yang mempunyai motivasi lebih kuat, ia pemenangnya. 

Termasuk orang yang diserang.

Adam Azkiya
Pake Toel lagi ah gambarnya :3


      Tapi anggap saja masalah itu sudah clear, karena memang hubungan baik gue dengan semua teman-teman masih terjalin baik, lagian udah ngelwatin lebaran berapa kali, dan juga perilaku yang masih polos ga banyak menyimpan luka.

Tapi sekarang?

      Ketika seseorang lebih dewasa dan mempunyai pemikiran yang visioner akan lebih mengerikan ketika mendapat bullying dari orang sekitar, mereka akan merekam dengan baik atas tindakan tidak terpuji yang di dapat, termasuk apa yang sedang gue rasakan sekarang, gue terima, gue resapi tiap detailnya, apa saja yang membuat diri gue lemah, gue akan catat dan gue berusaha untuk memperbaikinya satu-satu.

Malahan harus lebih baik dari orang yang menyakiti gue.

   Hidup yang indah ini memang bisa terasa menakutkan jika memperhatikan tiap detailnya, tapi tidak jarang juga orang yang berakhir bahagia, itu tergantung kepada apa yang kita beri kepada orang lain, dan apa yang kita terima dari orang lain, cieeeeeh gaya gini y ague? Akakakak.

     Simple ya sebenernya hidup itu, tinggal berusaha berperilaku baik terhadap diri sendiri dan menyebarkan energy positif terhadap lingkungan sekitar, berperilaku baik memang susah sih, tapikan setiap proses akan sangat dihargai.

Perbedaan Takut dan Sedih itu beda tipis.

     Kalau takut adalah perasaan yang dirasa gue akan sesuatu yang belum terjadi, kalau sedih sesuatu yang gue sesali atas peristiwa yang sudah terjadi.

    Salah satu hal yang mengerikan adalah pembuktian dari seseorang yang telah di bully, jadi kalau ga pengen bikin musuh yang menyeramkan jangan bully orang.

      Maafkan gue ya kalau gue pernah berbuat salah
Tulisan ini ditulis sehari sebelum Idul Fitri, jadi ya itung-itung maaf-maafan lewat blog hehehe,

Salam cinta teman-teman.





Oh iya, Dirgahayu buat Indonesia tercinta yang ke-69 \(^o')/


 Best Regards,
Freak Nose
Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

15 comments:

  1. wedeww gue waktu sd sering bgt dibully.. Eh pas smp dan sma gue malah jadi jagoan-__

    BalasHapus
  2. Saya sedih sih denger kata bullying, kalo si anak ga tahan bisa merelakan nyawanya sendiri agar terbebas dari tindakan teman-temannya.

    Jujur, saya pernah jg ngerasain dibully, tapi bener apa yg dibilang diatas jadikan ini semua menjadi motivasi untuk menunjukkan kalo kita ini bisa mencapai cita-cita dan mungkin bisa lebih baik dari si pem-bully.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau udah bawa-bawa nyaya sih serem banget.

      Tapi setuju ga sih Han kalau semua orang pernah dibully? dan membully?

      Hapus
  3. Sebenernya tergantung yang di 'bully' juga sih bro nganggep nya gimana. Pernah pas SMP, kadang cuma ngecengin aja gitu cuma candaan biar ngga sepi, tapi yaa tergantung ada yg nganggep itu bully-an, ada yg tetep fun aje. Hohoho

    Salam kenal,
    Ijal Fauzi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap kelas biasanya ada temen yang jadi bahan bercandaan sekelas ya? hahahaha.

      Semoga aja orang kaya gitu tegar.

      Salam kenal juga Jal (o)

      Hapus
  4. gue pas SD juga berkuasa, bersikap seenaknya. lulus. masuk SMP. awalnya perilaku gak berubah. agak2 sok berkuasa. eh malah ada yang ngelawan dengan cara yang lebih kejam. *sakitnya tuh disini*. well endingnya gue jadi agak pemalu gitu tiap berada di tempat dan situasi yang baru.

    baru pernah mampir nih. salam kenal. blog lo keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah ini malah kebalikannya nih, tapi penasaran juga sih kalau ada di sudut pandang orang lain.

      Wah makasih Tom, salam kenal juga ya! :>)

      Hapus
  5. Gw dapet satu poin keren sih dari berderet2 tulisan di postingan ini. Berbuat baik dan menyebarkan energi positif meski berbuat baik itunggk mudah. Visit balik ya..blogger new nih.http://santidwiefianti.blogspot.com

    BalasHapus
  6. iya gue juga gitu soal kampus
    gue sadar kampus tempat gue kuliah sekarang bukan kampus negeri dan unggulan
    tapi kenapa orang orang melihat kampusnya bukan mahasiswanya

    BalasHapus
  7. hai salam kenal....

    ngebaca ini, gue jadi merasa dapet balasan jawaban dari salah satu artikel di blog saya.
    --> http://rahmamuliani.blogspot.com/2013/11/bullying_7916.html

    setelah baca postingan di blog ini, gue jadi sedikit ngerasa bersalah. karna udh melampiaskan perasaan gue sbg pihak ter-bullying di tulisan gue tadi. tapi makasih yaa.. berkat tulisan ini sekarang gue jadi tau perasaan dari pihak pem-bullying yang sebenernya kayak apa. dan semoga aja orang yang dulu ngebully gue udah belajar jd lebih baik lagi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rahma, salam kenal juga.

      Ammiiin semoga kita bisa belajar lebih baik lagi, keseimbangan akan selalu terjadi, jadi siap-siap aja hehehe.

      *Meluncur ah ke link di atas* (o)

      Hapus
  8. Kunjungan Perdana :-d Salam kenal Kang :d
    itu gambarnya Toei ya, sekarang Hormones the Series Season 2 udah sampe episode 7 ya :-)
    #SALAHFOKUS :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunjungan pertama tapi udah salah fokus 2x dengan si Toei nih Lukman wkwkwkw.

      Salam kenal jugaahhh =p~

      Hapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)