image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Design Sprint 1

         Halo gaeeesss! Berjumpa lagi dengan gue dan tulisan pertama gue di 2015, gimana tahun baruannya?

       Gue sih sempet main sampe jam 10an, abis itu langsung tidur setelah sampe rumah gara-gara cape dan ngantuk, klise ga?

      Jadi gini, di awal tahun baru ini gue dan sebagian temen-temen kantor gue lagi ngerancang satu aplikasi, aplikasi apa? Yang mau nebak boleh, tapi gue ga akan ngasih tau ah, biarin aja lah.

      Ada yang menarik disini menurut gue, yaitu penerapan metode Design Sprint dari Google Ventures, metode yang emang bener-bener enjoy tapi efisien ketika di terapkan, gue dikenalin sama metode ini sama CEO, namnya Pak Alfin, beliau orangnya bener-bener melek sama teknologi informasi dunia, selalu punya satu langkah lebih depan dari gue (menurut gue) kalau di mentorin enak banget dah pokonya.

      Design Spirnt ini emang udah ada sejak 2011 sih, tapi gue baru kenal di awal tahun 2015, ga apa-apa gue kenalnya telat daripada telat banget mhehehe.

     Nah mungkin untuk bener-bener ngejelasin apa itu design sprint bisa langsung diliat dari video ini.





      Gue bukan guru jadi gue ga akan ngebahas atau ngejelasin satu per satu tahapan yang dilalui, karena gue juga masih belajar, palingan gue bakal sedikit bahas apa yang gue alami hari demi hari dari mulai Konsep sampe Aplikasinya jadi (Semoga, amin).

Before the sprint: PrepareGet the people and things you need.



     Dimulai sejak kemaren, hari Rabu gue mulai belanja untuk keperluan Design Sprint ini, dari namanya aja udah keliatan Sprint, berarti ini dilakuin cepet banget, bisa dibilang padet karena pengerjaannya kompleks, tapi bagusnya dari konsep ini adalah gue engga lelah atau engga mengalami penat akut, jadi masih bisa laluin step demi step dengan enjoy.

Oke Lanjut.

      Jadi ketika kemaren belanja gue bareng sama Teh Ami (salah satu team lah pokonya) ciri-cirinya pake kacamata hobi jatuhin iPhone dan rada-rada perfeksionis, tapi baik da, nah ini dia list belanjaan sesuai dengan ketentuan Google Venue.

Luckily, you don’t need anything fancy to run a sprint. Here’s everything I use:
  • Drawing pens — Any standard black or blue pen is probably fine. I like these or you can get these for extra credit.
  • Whiteboards — If your war room doesn’t have a lot of whiteboard space in it, find another war room or some rolling whiteboards or, heck, get some IdeaPaint and get busy.
  • Whiteboard markers — I like to use these instead of Sharpies because they’re so versatile. Buy some good ones and be sure to have enough black markers for each person in the sprint.
  • Dot stickers — for voting. You want something small with uniform color. Post-It brand dots are great.
  • 8.5 × 11 blank copy paper — Nothing special, just have a pack of this on hand.
  • Time Timer Clock — Optional, but totally awesome, see here. I guarantee you’ll find it useful during the sprint, and probably during regular meetings afterward.
  • Snacks — You’ll need caffeine and food handy. Trail mix, bananas, and dark chocolate covered raisins have proved especially popular at our sprints, although it is possible that it’s just me eating all of it.
  • Sticky stuff — You’ll need to stick your drawings and storyboards on the wall. This removable gummy materialis inexpensive and works great, with less fuss than tape.

Disclaimer: Untuk para pembaca blog Bandung kalau ke Gramed yg deket BIP jangan lupa beli Ice Cream, oke!


Adam Azkiya
Rambut gue rada keren juga kalau di iket ginih wakakakak.


      Singkat cerita semua barang udah dibeli, udah makan siang juga sama Sate di kantor, lalu mulai lanjut tahap awal Design Sprint yaitu.

Day 1: UnderstandDig into the design problem through research, competitive review, and strategy exercises.



      Jam 1 siang Pak Alfin mulai presentasi, semuanya dibahas disini, mulai dari Press Relelease sampe Bussines Oportunity, azek.

      Malem kemaren kan gue udah nonton videonya, jadi pas presentasi tinggal review dikit atas apa yang udah di tonton kemaren, tak lupa gue sempet bertanya atas visi misi aplikasi ini, ya iya lah ini kan proses Understand, untuk proses jangka panjang gue butuh pondasi yang kuat.

     Dari sini gue makin optimis, jujur gue biasanya kalau kerja apa-apa kebanyakan sendiri, tapi ini sekalinya gue kerja dan dapet tim, gue dapet mentor yang humble dan metode yang jelas, gue bersyukur bangettt.

Alhamdulillah.


Adam Azkiya
Nonggeng pose kekinian


Kemaren tuh beres brainstorming sampe jam setengah 6an.

     Nah kalau hari ini udah start dari jam setengah 10, ternyata step ini ga kalah EPIC-nya, ah pokonya epic deh.

Day 2: DivergeRapidly develop as many solutions as possible.



      Di video dikatain kalau step ini bakalan bener-bener menguras tenaga dan pikiran, tapi yang gue rasain engga gitu juga, ga tau ngejalanin prosesnya yang salah atau emang kita bisa bekerja secara tim yang baik dan efisen, tapi kanya emang kita tim yang bagus, buktinya untuk step ini dilalu tanpa masalah *pake kacamata* *benerin posisi duduk*

      Tanpa kerasa ternyata dalam sehari udah ngelewatin proes ini, dan udah mulai lanjut ke step 3.


Mingkem ga kalah keren! percayalah (Pak Alfin, Rika, Teh Ami)


      Karena Rika yang gambarnya paling bagus jadi dia yang gabungin design terpilih, oh iya Rika itu designer juga, berhubung beda ibu bapak jadi style deisgnnya juga beda sama gue.

Gitu deh pokonya, rumit.

Day 3: DecideChoose the best ideas and hammer out a user story.



      Padahal di Google tiap step dilakuin per hari, jadi 1 hari 1 step, ah lebin cepat lebih baik.
Di kantor gue bebas mau pake kaos atau rambut panjang, asal tetep sopan aja (emang rambut panjang sopan ya?) biarin deh yang penting tetep beriman.

      Dan yang paling penting lagi adalah, chemistry tim mulai kuat dari project yang dikerjain bareng-bareng ini, jadi makin betah deh sama Tim.

Udah ah segitu aja deh, takut disangkanya gue malah sotoy kan ga lucu.

Oh iya semua foto taken by Teh Ami.

     Okeh, masih ada 2 step dari Deisgn Sprint ini, masih tetep harus semangat sampe lamaaaa!



Adam Azkiya
Keren ga gue?


Do More with less!

Tetep perjuangin cita-cita kalian gaes, dan jadilah Deisgn Master! Bhay.




Best Regards
Freak Nose

Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

4 comments:

  1. Bang kok keren sih bang kerjaannya kok keren sih bang kok keren sih kok keren sih. *gitu terus ampe wisuda* ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokonya kalau minum Kopi sehari cukup sekali aja (c) sisanya banyakin air putih, pasti makin keren.

      Hapus
  2. Heh gitu banget dah deskripsiin akunya :)) ttep semangat kakakkk!!!

    BalasHapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)