image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Diary Urbanus Apartementus Day #1

      Holla semuanya, maaf nih gue udah lama ga posting di blog ini, sekarang gue bakal bikin diary tentang kegiatan gue, mungkin kegiatan ini yang bikin gue susah curi waktu buat ngeblog.

Di Tangga Dalurat nih


      Udah seminggu gue ada di Jakarta, buat persiapan Cinema Camp dari LA, singkat cerita Cinema Camp ini outputnya bakal menghasilkan sebuah Film panjang yang di garap bareng-bareng, daaan pada hari ini tanggal 24 Februari 2014 adalah hari pertama Shooting untuk Film ini! Waho

      Gue menjabat sebagai tim Post Production, tapi gue juga pengen bantu-bantu di bagian Productionnya, meskipun pasti bakal cape tapi ini juga bakalan seru dan nantinya berbekas di sejarah hidup gue ya salah satunya gue tulisin di blog ini.

Oke jadi kurang lebih gini nih alur Sebuah Film tuh,


Pre Producion --> Production --> Post Production

Pre Production isinya para anak-anak anak Art dan Wardobe
Production yang banyak terlibat tentunya DoP, Sound, Director (Pastinya) dan Make-up
Post Production yang terahir bagiannya Editting, VFX dan Music
Sebenernya Producer dan Director lebih sibuk lagi karena terlibat dari awal sampe akhir

      Meskipun ga bakalan panjang tapi gue usahain untuk konsisten tetap menulis sampe produksi film ini beres, kurang lebih 13 hari sih shootingnya.

      Dari Tempat awal gue bersemayang (baca: Bintaro) lalu gue meluncur ke Depok, tepatnya di Apartement Melati.

Jam 05.45 udah mesti breefing sama semua crew, padahal gue masih pengen tidur lagi


“Dam lu hari ini kebagaian jadi Loader ya hari ini.”

      Loader itu tugasnya mindah-mindahin data dari CF (Kartu memori Kamrea) ke Hardisk Eksternal yang nantinya tentu buat editting, ga sembarang mindahin mesti di tata dengan rapi contoh:

Day 1 --> Camera 1 --> Card 1 --> (Lokasi File disimpan)
               Audio --> Card 1 --> (Lokasi File disimpan)

      Dan gitu deh seterusnya, kerjaan gini tuh mesti teliti, karena semua keringat yang keluar dari crew tertumpu pada file yang di pindahkan ini kalau file nya corrupt atau kehapus, mampus gue!

Lagi pada ngerumpi nonton take


      Engga sih engga mampus cuman bakalan steres aja, hmmm, ya seperti itulah tugas tim post Production yang ga banyak kerja saat di Productionnya.

      Tapi gue malah dapet tugas tambahan dari Tim Sound, gue mesti jadi pencatat Sound Continuity, yang berisi tentang seluruh take yang di ambil, Good / Not Good dari tiap suara yang di record, kurang lebih seperti itulah yang nantinya bakal di sinkoronkan dengan Gambar yang di ambil

      Dan sampe sore tadi alhamdulillah 6 scene udah dapet yang paling bagus, meskipun ada beberapa scene yang susah sampe di take berkali-kali dan konon katanya


“Jangan seneng dulu, hari ini baru pemanasan, besok 12 scene ya!”

Kurang lebih kabar burungnya gitu

      Semoga gue dan semua crew gue bisa mepersiapkan jasmani dan rohani lebih mantap lagi daripadah hari ini, tentunya dibarengi dengan konsentrasi yang lebih baik lagi.

      Ah palingan gitu doang sih buat hari ini, gerah juga gue belum mandi, sekarang mau mandi dulu meskipun mandi malam di Depok ga pernah berhasil bikin gue Seger (entah kenapa).

      Makasih udah sempetin baca, doain semoga 12 scene di esok hari bisa gue lalui dengan lancar, amiiin


Best Regards,

Freak nose
Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

6 comments:

  1. Oh ini yang ampe rela rela kesasar di Depok :D
    keren Dam, lanjutkan ! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya untung ga susah nyari gung lokasinya :)

      Hapus
  2. Iya, gue dan sepuluh ikan-ikan ini bakal ngedoain biar sukses kok... eh iya, kok blog kamu mendadak jadi berat gini sih....

    BalasHapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)