image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Ga masuk PTN? gue ngerasa beruntung!

      Gue nemuin duit gocap di saku! Beruntung banget sih gue, tapi emang duit gue sih cuman hilang beberapa saat dan muncul lagi di saat yang sangat tepat yaitu bulan tua, huft banget (((huft))), tau ga konon katanya duit gocap jaman sekarang itu udah setara duit goceng, gampang banget abis, tapi ngedapetinya lagi susah.

      Ya namanya juga keberuntungan kan? Semua orang boleh dan berhak merasa dirinya beruntung dalam segala hal, salah satu contoh terdekat yang bisa di ambil adalah dalam hal status anak di keluarga, apakah dia beruntung menjadi anak ‘Cikal’ yang bisa menuruh adik-adiknya? Atau malah menjadi anak ‘Bungsu’ yang dengan nyamannya dia mendapatkan banyak perlindungan dari kakak-kakanya? Termasuk mengenai jalur pendidikan yang gue tempuh sekarang, dan ini yang bakan gue bahas.

"Apa sih yang lu cita-citakan ketika masih duduk di bangku SMK/SMA ?"

      Masuk Perguruan Tinggi Negeri? Keterima kerja di tempat yang bagus? Atau apa? Tapi gue yakin untuk setara pemikiran anak SMK yang masih egosentris ga bakalan jauh-jauh dari situ, yang intinya sama-sama aja pengen membahagiakan orang tua, jangan sebatas membanggakan orang tua atas Harta dan tahta mereka, tapi sebagai anak yang baik selalu berusaha untuk membuat orang tua yang membanggakan anaknya atas ketercapaiannya, dari sini gue mulai berfikir, "Apa sih yang gue bisa lakuin buat menjadi kebanggan orang tua?"

      Jujur nih, 2 tahun yang lalu sebagai siswa SMK gue masih belum bisa fokus buat mikirin masa depan gue, karena pada jaman SMK semua kegiatan yang berhubungan dengan softskill gue coba satu-satu mulai dari gambar diam sampe gambar gerak, gambar gerak 2D atau 3D dll,  ga ada yang fokus sama sekali, sehari-hari gue menghabiskan banyak waktu menyendiri buat nyari tutorial-tutorial desain grafis buat memuaskan nafsu gue, saking tenggelamnya dalam dunia desain, ternyata SBMPTN atau apapun itu namanya  sudah tinggal beberapa Minggu lagi, Shit!

“Gue ga pernah kepikiran untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri sejak awal masuk SMK”

      Mungkin gue juga sadar diri atas nilai akademis gue yang selalu kalah kapasitasnya kalau di adu dengan orang yang terlahir dengan dominasi otak kiri, ya otak kiri mereka yang selalu ontime, rajin, rapi disiplin dan hebat dalam urusan logika, sedangkan gue yang memiliki dominasi otak kanan? Modal gue adalah softskill, softskill yang bisa berpotensi sangat hebat dan para otak kiri ga mungkin ada yang bisa ngalahin softskill dari para pemilik otak kanan yang dominan.

Desain grafis itu berbicara soal hati men! bukan pake logika

      Pada akhir perjalanan gue di SMK gue dapet Ranking 4 di kelas gue yang berjumlah 31 orang (kurang lebih, gue lupa tepatnya) gue juga aneh kenapa dapet ranking 4


“Yeaaaah, kita lulus Dam!”

Pengumuman PTN pun tiba
“Alhamdulillah Dam gue keterima di Unpad.”
“Dam, gue masuk Polban!”
“Ga nyangka gue masuk ITB Dam.”

      Dan yang lain-lain, gue hanya bisa mendengar ucapan-ucapan itu dan memberikan ucapan selamat kepada mereka, dan bertanya balik kepada diri gue sendiri kenapa setahun setelah gue lulus engga langsung masuk kuliah? Ya meskipun ga masuk Negeri gue bisa masuk swasta

“Swasta kan mahal?”

“Iya gue bayar pake daun ntar.”

      Tapi engga juga kok swasta ada juga yang lebih murah dari Negeri, terkadang Allah selalu punya rencana terbaik buat gue dan umunya buat semua orang yang beriman.

      Selama setahun selepas lulus SMK gue  engga kuliah, gue mencari identitas diri dan mencari pengalaman bekerja, banyak sekali yang gue peroleh, sangat banyak sekali, seperti gue bisa belajar 3D animasi di CCA, masuk Finalist 10 Besar kota Bandung dari LA Lights Indie Movie, gue bisa mempelajari ilmu Psikologi di tempat kerja gue STIFIn, dan masih banyak lagi, gue merasa beruntung sebagai remaja dengan umur 19 tahun (pada waktu itu) bisa mendapatkan pengalaman baik selangkah lebih depan, mungkin nanti pun akan banyak yang mendapatkan pengalaman yang lebih baik dari gue, cuman gue yang  udah ngalamin duluan.

      Satu tahun semenjak Wisuda SMK habis, dan pada tahun berikutnya pendaftaran mahasiswa baru pun dibuka kembali,  gue putuskan masuk ke UNINUS jurusan Public Relation dan gue ngambil Kelas Karyawan, ya karena gue sambil kerja, jadwal kelas karyawan adalah Rabu-Kamis-Jumat pukul 15.00-18.00 3 jam sehari, padahal gue pulang dari kantor jam 5 sore, tapi ternyata tempat kerja gue baik banget, gue dapet dispen sehingga bisa pulang duluan tepat pukul 3 sore untuk kuliah, jadi gue bisa tetep gajian untuk membiayai SPP semesteran gue, gue merasa beruntung, ya sebagai lulusan SMK dapet dispen buat kuliah.


Adam Azkiya


Dan mungkin ini hal terbesar lainnya yang gue merasa beruntung.

      Pada bulan Februari-April 2014 ini gue ikut Cinema Camp, event lanjutan dari Movie Days Out, pembuatan sebuah film yang dilakukan bersama dari para finallist 4 kota besar udah gue ceritakan disini mungkin.

“Jadi sekarang lu kerja sambil kuliah dam?”
Coba baca blogpost ini deh --> Misteri 15 Februari
Gue sebenernya udah resign dari tempat kerja tapi gue masih dapet kesempatan untuk tetap bekerja disana tapi gue ga jadi staff lagi disana, gue jadi Mitra.

       Untuk kampus? gue dapet izin dengan mudah untuk mengikuti Cinema Camp selama 1 bulan lebih, selain dari surat sakti dari LA yang gue berikan, kalau bukan kelas karyawan mungkin gue bakalan super duper sulit untuk dapet izin dari kampus, gue merasa beruntung.

Kalau boleh ditarik kesimpulan menurut pandangan gue dari Negeri atau Swasta

      Kalau Negeri karena jadwal kuliah yang sangat disiplin dengan ilmu yang sangat berbobot mungkin para alumninya bisa menjadi orang yang Ber-Tahta, bisa memiliki jabatan tinggi di Perusahaan besar karena punya teori ilmu yang sangat tinggi, atau mungkin menjadi Arsitek? Dokter? Dan Presiden?

      Tapi untuk Swasta terutama kelas karyawa, dengan jadwal yang sedikit renggang, dengan memanfaatkan kesempatan itu seperti melakukan kegiatan lain diluar kuliah, membuat para pelakunya bisa melakukan akselerasi impiannya karena lebih banyak pengalaman yang di dapat, dan jangan lupa, kurang worth it jika keluar dari universitas engga bawa gelar, hehe

Abis lulus SMA siap masuk Perguruan Tinggi Negeri, yang pinter bisa keterima di perguruan tinggi negeri, terus kalau yang kurang pinter? 
Adil ga sih?

Ini ada tanggapan dari beberapa temen gue
-Dini: "Kalau PTN bagus nerimanya cuman orang-orang pinter, kapan orang bodo jadi pinter?" kata butet hhe
-Rafly: "SBMPTN? ajang adu strategi, hoki dan iman. yang pinter ga banyak yang ga lolos negeri."
-Jays: "Adil Dam, karena orang bodoh biasanya yang di do terus buat perusahaan dan ngasih lowongan cuman buat orang pinter."
-Teh Rahma: "Tidak semua hal dalam hidup harus qt gugat, apalagi yang tdk bisa qt ikut campur di dalamnya
-Irfan: "Perguruan tinggi swasta itu tidak selalu berarti jelek. Begitu pula perguruan tinggi negeri, tidak selalu bagus, percayalah. Tidak semua ilmuan hebat muncul dari perguruan tinggi negeri  
     
    Mungkin masih banyak lagi orang yang lebih beruntung dari gue di luar sana, mereka berhak mendapat keberuntungan itu, tetaplah  bersyukur atas semua hal yang di dapat dari sang pemberi keberuntungan, keep positive bro, selalu ada hikmah dari segala kejadian.

Buktinya Allah nyimpenin gocap untuk duit urgent gue di bulan tua hehehe.


Best Regards,
Freak Nose
Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

40 comments:

  1. Ini yang lagi aku galauin nih, tapi belum sampe tahap situ. Lebih kayak kenapa sih temen gak belajar bisa dapet bagus nilainya, iya sih dia merhatiin banget di kelas sedangkan aku udah capek di kelas. Seharian ngeblog, nulis ngerjain target2 yang gak dipunya temen. Setelah baca ini... banyak yang harus aku syukuri. Begitu pula dengan dia, banyak yang harus dia syukuri. Ukuran bahagia tiap orang beda-beda, dia mungkin goal hidupnya emang di situ. Sedangkan aku enggak, beda. *ngomong apa sih meg*

    Dari baca ini jadi paham banyak hal dan juga butuh referensi lagi nih tentang perguruan tinggi, tahun depan mau gak mau mikirin ini lebih mateng lagi. Makasih bang, postingannya.... bukan.. bukan nice post kok. Inspiratif banget. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah merasakan juga nih Mega, goalnya mereka emang betul belum tentu goalnya kita juga, satu pikiran banget sih, i know what you feel,

      bahagia tiap orang beda-beda?
      Setuju banget! gaji gede dalam keseharian yang monoton belum tentu membuat para seniman bahagia $-)

      Lu masih SMA ya, wah masih muda banget, semangat memperjuangkan masa depanmu sesungguhnya!

      Btw ini udah jadi komentar best of the best banget! (f)

      Makasih banyak Meg!

      Hapus
    2. Hehe iya masih SMA, siap!!
      Duh jadi malu, sama-samaaaa:D

      Hapus
  2. bener bang ambil positive aja
    gue juga dari smk nunda setahun buat kerja dan insya allah semester depan kuliah
    bisa mengurangi beban orang tua itu rasanya......wow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngerasain kerja dulu emang enak ya, asal jangan terlalu melek duit aja, takut lupa bagaimana caranya menimba ilmu lagi hihihi

      Wow banget Na! 8-)

      Hapus
  3. Yap setuju bgt. Swasta atau negeri ga ada bedanya ko. Kalo sukses engganya ya tergantung diri sendiri, percuma kalo misalnya kuliah di PTN favorit tapi pas wisuda jadi pengangguran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ups, buat yang lain, blogpost ini no offense ya

      Sukses Van

      Hapus
  4. emang lebih enak belajar diluar sekolah/kampus dari pada di sekolah/kampus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipikal otak kanan yang dominan nih lu kayanya Ham, sama kaya gue juga (o)

      Hapus
  5. Wah saya yg anak PTN berarti kudu lebih sukses dari kalian-kalian ya. *melengos dengan gaya songong*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unpad ya Rif?
      No offense broh :>)

      selaaaawwww

      Hapus
  6. PTN PTS sama aja tempat buat menimba ilmu, itu semua balik lagi ke diri masing-masing gimana cara ngejalaninnya. Tapi setidaknya kita harus berusaha dulu seberapa besar kemampuan kita. Jangan lupa juga bersyukur dan berdo'a atas apapun yang kita dapatkan. :D

    BalasHapus
  7. Negeri atau swasta bukan patokan, yg penting niat :) enak ya bisa kerja sambil kuliah, gak nyusahin orang tua.. aku jg ngerasa beruntung karena bisa kuliah dg beasiswa, jadi gak nyusahin orang tua. pokoknya syukurin aja apa yg didapet!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woaah cerdas nih nampaknya Tuti, kereen :>) (h)

      Yap selalu bersyukur, Alhamdulillah

      Hapus
  8. intinya sih bersyukur aja sama apa yang udah di dapet. lagian PTN ataupun PTS itu sebenernya sama aja. sama-sama diajar dosen, sama-sama kuliah juga. cuman yang membedakan itu niat yang ada di diri kita sendiri pengen sukses apa enggak. percuma kalo masuk PTN cuman buat ajang gengsi, masih mending anak yang masuk PTS tapi dia niat buat kuliah.

    BalasHapus
  9. Yg penting bersyukur dan percaya apa uh dipilih Tuhan itu adalah hal yg terbaik dan yg lu butuhin
    Gue sendiri, karena baru lulus, disuruh nyari PTN sm ortu, soalnya gak kuat kalo swasta tahun ini. Tapi kalo gue tahun ini gak masuk PTN ya gak apa, gue ngulang tahun depan sekalian bantuin bokap gue kerja utk jaga2 kalo gue gak masuk PTN lg sekali, swasta ya kuat bayarnya. Dari pertimbangan itu gue serahkan semuanya ke Tuhan biar dipilihkan jalan yg terbaik buat gue

    *elah malah curhat di blog orang -_-

    BalasHapus
  10. gua juga dulu pas gak keterima PTN sedihnya luar biasa. tapi sekarang setelah gua masuk swasta, seneng2 aja sih. gua malah lebih enak disini. kalau gua masuk negeri, mungkin gua gak bakal bisa ngeblog karna jadwal kuliah yang super padat. Nggak semua kesuksesan kita dapat dari PTN

    BalasHapus
  11. waaaahhhh, gue masih smk dan sekarang masih galau nanti kalau udah lulus ambil apa. pengennya sih kayak kak adam, tapi entahlah....

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Kang aku baru baca nih. Bermanfaat banget sharingnya dan sesuatu telah terjadi diotak dan hati aku gara-gara tulisan ini hahaha. Tapi serius asli ga bohong. Sukses terus! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Sesuatu telah terjadi diotak dan hati aku gara-gara tulisan ini." Omg komentarnya bikin merinding sendiri (p)

      Sukses juga Saras!

      Hapus
  14. Semua udah direncanain. Gua malah bangga sama lu, karena mau memilih passion, daripada ngikutin gengsi. Biasanya kan kalo gak kuliah itu gengsi.

    Lanjutkan untuk menggapai mimpi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah Wahyu bisa aja nih akakakakak =p~

      Btw makasih banyak loh, mari diminum dulu kopinya mumpung masih panas (c)

      Hapus
  15. Gue yang kuliah di PTS ngerasaain ini nih, dan gue lebih bangga lagi kuliah di PTS yang akreditasinya A, ngalahin PTN yang akreditasinya masih C ;)

    BalasHapus
  16. gue juga ga lolos ptn :) yaa abisnya yang diuji hal-hal yang orang pinter bisa, gue apa, padahal gue ambil jurusan yang gue yakinin gue bisa, kurang hoki kali ya, ah tapi kuliah dimana sama aja, yang penting jurusannya sesuai sama apa yang kita bisa, banyak temen gue yang lulus ptn di jurusan yang ga sesuai bakat dia jadi yaudah lulus sebelum waktunya trus luntang-lantung jadi ga jelas sendiri passionnya kedepan maunya gimana :)
    yang terpenting hati-hati memilih jurusan. salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat Han!
      Jadi salah satu point penting lainnya adalah memilih jurusan, jangan sampai tersesat di jalan yang salah dengan waktu yang tidak sebentar, Naudzubillah (m)

      Salam kenal juga Jehan Amelia!

      Hapus
  17. gue kemarin nggak lolos snmptn bang, sedih :(( tapi setelah dapet petuah macem2 yang intinya sama kayak pendapat temen2mu diatas, gue jadi berusaha buat intropeksi dan nyoba lagi. ohoho ganbatte nofi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakinlah Nof Cewe sekeratif lu akan sangat berpengaruh bagi Indonesia jika semua kreatifitas dimaksimalkan, bagaimanapun dan oleh apapun caranya yangpenting Halal

      Salam Super!

      Bacod nih si Adam *wadezig* :-b

      Hapus
  18. entah kenapa gue juga merasa beruntung :d
    setahun yang lalu gue lulus dari SMK dan saat daftar PTN ga keterima. sekarang gue kerja dan kerennya gue jadi bisa belajar banyak hal di tempat kerjaan.
    PTN or PTS gak ngaruh, yang mempengaruhi itu diri kita sendiri. bagaimana kita mau belajar, bagaimana kita mau mempelajari.
    dan kalo gue boleh bilang, jangan sampe kita kuliah untuk sekedar meraih galar sarjana, bukan untuk mempelajari sesuatu =))

    BalasHapus
  19. setelah baca ini gue jadi gak minder lagi sama temen-temen gue yang kata mereka gue layak masuk PTN, padahal gue malah masuk PTS. hidup gak melulu soal sekolah negeri yang katanya lebih menjamin kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah, ;-(

      gue seneng banget tulisan ini bisa secara tidak langsung nyemangatin dan menghibur lo , kita harap emang itu adalah rencana terbaik Allah buat lu Fer, tinggal percaya dan jalanin dengan sungguh-sungguh

      Salam Super
      *turun podium*

      Hapus
  20. Anjrit lagi lagi dam , gue terkesan sama lo . tulisan2 nya bener insfiratif euy . kya nya gue harus banyak shareing nih , gue ga kuliah juga tp meskipun gue punya kerja dan gaji gue tetep tapi ttp ngerasa kurang duit gue . mungkin mas adam bisa kasih insfirasi gitu ehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiiiih maksi makasi pak Polisi :>)

      Untuk menjadi Polisi yang hebat memerukan yang namanya "Deliberate Practice" 10.000 jam untuk menjadi expert, kalau sambil kuliah kan waktu sehari jadi kebagi-bagi, sehingga ga fokus, hehehehe.

      Syukuri yang ada, tunda kesenangan :)

      Hapus
  21. salam kenal, tulisan lo ajib gan, inspiratif (y) btw, ane ditolak 5 univ dalam 4 kali :-( tes galo berat. But everything is oke lah :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal juga Diena, (o)


      Wah jadi pengen tau nih kisah Diena atas pengalamannya, mungkin bisa di share biar jadi bahan Inspirasi juga

      Hapus
  22. Andai aja papa aku mikirnya kaya gini juga ka. Aseli kecewa bgd doi waktu tau aku ga lolos negeri ka,padahal mah sama aja itu ptn/pts. Sampe sedih kenapa bokap mikir kaya gitu.haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya wajar kok orang tua ngarahin yang terbaik buat anaknya, jadi bukti juga mereka sayang sama anaknya, tapi disisi anak juga punya hak untuk milih jalannya sendiri. *uhuk*

      Semoga kelak Papamu ngerti ya, semangat Windy!

      Hapus
  23. salam kenal, aku lulusan thn 2016 (SMA-ipa) gagal snmptn,sbmptn sama utul ugm, aku mutusin buat nunda setahun awalnya sih terpuruk bgt tapi pas baca blog ini , pikiran aku jadi lebih terbuka, aku lagi ngejar kedokteran di PTN untuk tahun 2017 mendatang bukannya ngga mau ke PTS hanya biayanya sangat mahal untuk jurusan yg aku pengen kan seengganya kalo di PTN apalagi masuknya lewat sbmptn bisa lebih ringan karena ada UKTnya hehe

    BalasHapus
  24. gue suka pola pikir lo haha agreed

    BalasHapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)