image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Satu kata, PENULIS!

Gue. Lagi. Galau!

Lebih baik gue ungkapin disini deh lewat tulisan daripada uring uringan ga jelas di Twitter

      Oke gue jelasin dulu, baru-baru ini, ya mungkin 4 bulanan yang lalu ketika gue sadar bahwa menulis itu asik dan mungkin memang salah satu passion, gue seneng kalau nulis pake keyboard berbanding terbalik jika pake pensil, tulisan gue jelek dan bikin pegel, tapi kalau pake keyboard mungkin nulis tanpa liat pun bisa wakakak *plakk* jangan belagu.

      Ketika gue sedang nulis dan feelnya emang bener-bener dapet rasanya sesuatu banget! Hanya ada gue dan Text semua yang ada di sekitar menghilang, seriusaan sampe air kopi disemutin pun kadang gue ga sadar.

    Ketika gue nulis gue punya kepuasan tersendiri entah itu bagus atau buruk di mata pembaca, yang penting gue nulis dan gue publish! Udah gitu aja, terkadang gue suka males untuk merhatiin tanda baca, tapi sebagai tuntutan penulis yang baik gue terpaksa self editting dengan malesmales.

    Ga jauh beda sebenernya ketika menikmati proses nulis sama proses editing (Editing disini adalah editing Computer Grafis), hasil editing tuh kalau menurut gue itu sekejap doang bisa orang lain nikmatin, misalkan gue bikin vector nih, selama 3 hari gue bikin outlinenya dan di ikuti tracing, kenapa 3 hari? Karena gue kerja  , sebenernya males sih kerja (banyak malesnya gueeee, bayangkan kerja kantoran seperti apa) Yap! ganggu waktu gue buat berkreatifitas, di kantor susah ngedit/nulis dan juga, pulang ke Rumah pada saat Maghirb lalu cape kadang sempet nulis kadang sempet makan malem doang, lalu tidur, tapi salah satu pekerjaan yang gue seneng kalau di kantor ketika gue dapet jadwal buat ngisi seminar di SMA SMA tentang pengenalan potensi diri, tuhkan sebenernya gue ngasih seminar tentang potensi diri tapi gue sendiri potensinya kurang di maksimalkan gara-gara kerja kantoran ini, tapi gue pengen kuliah dgn biaya sendiri sampe lulus, maka dari itu gue sambil kerja, asudahlah.

Tadi tuh sampe mana sih?

      Tuh kan kebiasaan gue tuh kadang kalau nulis suka ga fokus, tadi aja ngebahas desain Vector kan malah jadi curhat, bzzzz, Oke balik lagi ke Vector, Nah setelah gue bikin desain itu gue Publish and Finally, cuman 2 kedipan mata karya gue bisa di dilihat keseluruhannya (belum termasuk merhatiin detailnya) jadi ya cuman gitu doang, kalau ga dikasih narasi di bawahnya ttg proses pembuatan itu karya mungkin ya biasa biasa aja, makannya gue ciptain ni blog pake judul “let the art speak” gue memperkuat sebuah seni dengan deskripsi tentang seni itu dengan cara semau gue.

    Sedangkan jika hanya sekedar tulisan tulisan saja yang gue publish, yang gue kadang takutin itu si pembaca udah ga minat dari awalnya kalau di comic sih dari setupnya aja udah bikin mual, padahal si pembaca belum sempet baca isinya yang bener-bener punch line nya. Gara-gara udah dibikin ga minat dari paragraf pertamanya.


Hidup itu pilihan bro, lu pasti tau kan?

    Nah kalau gue lagi nyusun draft novel fiksi pertama gue tau ga?  Sebenernya ini pertanyaan ga penting juga sih, yang paling penting sekarang tuh kegalauan gue tentang cita-cita gue sebagai penulis, kalau ada tutup saos botol yang susah di buka mungkin udah gue buka, saking pusingnya.

Pertama dari novel,

Novel Adam Azkiya Microsoft Word
Hati-hati barang sakral!

     Ceritanya gini, gue udah mulai nulis Outline kurang lebih sejak 2 bulan yang lalu, hingga sekarang naskah gue baru nyampe 46 halaman A4 , itu hasil pengendapan dan dari baca ulang yang terus menerus gue lakuin, hingga menemukan beberapa bagian yang gue ga suka lalu gue hapus, ga tanggung tanggung kalau gue ga suka sama bagian itu, dari 20 halaman gue bisa hapus 5 halaman, dan anehnya itu berlangsung berkali kali tiap gue baca ulang naskahnya, jadinya mandek terus, update terakhir dari 52 halaman gue hapus 6 halaman, jadi sisa 46, tapi setelah gue sadari tulisan gue kian membaik, syukur alhamdulillah (menurut gue sih membaik)

     Naskah pun kian berlanjut, dan botol saos udah gue buka, di Bio Twiter gue aja sampe ada tulisan “Loading.....45%” yang mengartikan naskahnya baru 45% menuju rampung, gue yakin pasti bakal ngeberesin itu naskah, hingga beberapa minggu yang lalu gue punya keinginan pengen bikin blog lagi! (ya dan inilah blog nya)


Twitter Adam Azkiya


Dari sini cerita kegalauan bermula 

Entah itu kegalauan entah itu ketidak fokusan, ada beberapa faktor yang sekarang bikin gue ga fokus diantaranya:

1.       Kantor

     Udah dibilangin kan kerjaan kantoran sering banget nyita waktu gue untuk nulis, meskipun sejujurnya gue nyaman dengan kerjaan gue tapi potret lain berkata tidak demikian, gue orang yang kurang suka sama kedisiplinan dan ga suka dengan usaha untuk menjadi orang baik dengan muka orang lain, hipokrit! Gue sukanya jadi diri sendiri. ada apanya, eh kebalik

    Setiap harinya gue kerja kurang lebih 8 jam, gue sering sempetin waktu buat Blog Walking alhasil gue suka greget pengen nulis dan menumpahkan rasa gerget itu juga, tapi itu ga mudah, gue bisa juga curi-curi waktu buat nulis tapi itu semua bikin nulis gue ga fokus, gue seneng nulis di tempat yang sepi dan sunyi tapi ga tengah malem juga karena gue orangnya gampang ngantuk, kalau bisa kakinya sambil selonjoran, ah pol! itu lebih enak .

     Mood berperan aktif dalam kepenulisan itu yang kadang gue benci, ya benci sama moody nya itu bukan sama tutup saos, orang lain pernah bilang gini “menulislah karena tanpa alasan.” Yak, gue ga bisa.


2.       LA Lights Indie Movie - Cinema Camp

    Akhir Januari ini bakalan ada Cinema Camp dari   di Jakarta, sebagai Finallist 10 Besar perwakilan Kota Bandung, Berkumpul bersama 10 Finallist dari 3 kota lain (Jakarta, Semarang dan Jogja) berkumpul di Jakarta untuk membuat sebuah Film, sebagai VFX Artist gue mesti ngikutin itu Cinema Camp, gue engga bilang “gue ga suka sama acara itu.” Bukan gue mau kabur dari acara itu juga, yang gue takutin gue malah jadi makin hilang fokus setelah Cinema Camp itu, karena sebulan tanpa naskah dan tanpa BlogWalking kayanya bakalan sedikit sulit buat gue, dan gue juga yakin disana gue ga bakalan hanya berdiam diri di pojokan sambil nulis sesuatu yang bisa gue publish, dan jika dipaksa nulis pun disana gue yakin gue ga akan bisa, karena atmosfirnya beda, lagi lagi writers block! Kampretos!

Tapi acara ini gue yakin bakalan seru dan ga akan garing, apalagi bisa dapet pengalaman yang menurut gue luar biasa

Mungkin ini obat writers block -->

Poppy Sovia dengan Adam Azkiya La Indie Movie Bandung
Mingnggir semuanya, ini obat gue

3.       Terbitkan Mimpimu
Adam Azkiya Event
Ada yang ngeceng sama pembicara ke-4? lewatin gue dulu

     Ini adalah sebuah event tentang kepenulisan yang dibuat untuk menampung para penulis muda yang ingin belajar sekaligus menerbitkan bukunya, tentunya dikemas apik dengan 4 pembicara (Brili Agung , Oddie Frente , Sofie Beatrix sama Febrianti Almeera  ) dan kalian tau gue jadi salah satu panitianya, keren? Keren! Tapi lagi-lagi fokus gue bercabang, makin banyak cabang makin ga fokus mau ngerjain apa, malahan gue ngerasa miris ke diri sendiri, gue kurang berperan aktif dalam kepanitiaan tersebut, meskipun gue panitia yang tugasnya kebagian ketika acara tapi setidaknya gue bisa bantu bantu promosi lah kemana mana biar pesertanya memenuhi kuota, tapi gue ga bisa bantu duh hina nya gue.

Gif Adam Azkiya


     Acaranya terselenggara pada tanggal 22 Februari 2014 yang gue takutin adalah Cinema Camp belum beres hingga tanggal 22, tapi gue udah mikir gue bakalan izin pulang duluan, ya tentunya buat acara ini, dan di acara ini juga gue pengen dapet polesan naskah novel gue dari mereka berempat, maka dari itu gue pengen banget draft novel gue beres pada tanggal 22 itu, jadi setidaknya gue punya print out yang bisa mereka corat coret untuk koreksi gue kedepannya.



4.       Blog!

       Loh kok jadi ke blog, sebenernya gue juga pusing, kalau kata anak gaul, "Gue lagi galau!" Galau bukan karena pacar gue sempet ditikung sama adik kelas, tapi fokus nya itu loh, cabangnya makin banyak! Kalau ini MLM mungkin gue udah jadi Diamond,  gue sebenernya waktu itu lagi nyaman banget di posisi sebagai penulis naskah novel gue hingga gue bikin blog, dan lebih spesialnya lagi gue beli domain .com buat blog tersayang, dan itu menjadi domain .com pertama gue dalam sejarah, Cateeettt.

     Dari sinilah gue mulai musim ber BlogWalking ria, intinya sih gue pengen kepo sama gaya blog nya mereka gimana, apakah desainnya keren, minimalis, responsif atau bahkan gue hanya ingin liat artwork mereka, ternyata keren keren sehingga semangat gue ngeblog mulai kambuh, mana botol saos yang susah di buka?  gue bukain lagi. Gue lagi semangat.

     Terkadang gue juga baca beberapa artikel yang menarik, gue punya standard menarik sendiri tentang artikel yang menarik, menurut gue sih ya seputar pengalaman pribadi aja tentunya pengalaman menuju kesuksesan atau pengalaman meraih cita-cita, kayanya lebih realistis dan bikin ngemotivasi juga males banget gue baca pengalaman cinta orang lain, kecuali kalau dibacain sama si pembuat ceritanya, cewe loh ya.

      Gue pun mulai belusukan kaya Jokowi, tapi gue belusukan bersih gue belusukan di dunia maya, hingga gue nemu Kancut sama Jamban, dua komunitas absurd tentang Blogger dan Kepenulisan, HOLLY BLESS! Gue seneng banget nemu komnitas kaya gituan,  semua itu ngedukung gue banget dalam menggapai cita-cita, siapa yang ga seneng sih ketika upayanya ada yang mendukung? Iya kan? Iya dong

         Banyak banget gue berjumpa orang-orang hebat disana, termasuk yang gue sempet sedikit kenal adalah Kevin, penulis muda yang blognya juga cukup keren, dan ternyata dia udah nerbitin buku! Whoopss, gue baca pengalaman hidupnya dan itu artikelnya ringan banget meskipun panjang tapi gampang dimengerti dan seru juga.

      Satu lagi blogger cewe namanya Tiwi entah siapa dia yang jelas gue pernah BlogWalking (stalking) wkwkwk dia punya artikel yang isinya ternyata dia pernah ngadain kumpul kumpul gitu sama kak Bena, semaaaakinn gue berambisi menjadi seorang blogger hebat juga, dengan entah apa yang gue punya untuk menjangkaunya.

Yang gue takutin sih ini hanya sebatas MINAT gue bukan BAKAT gue


Nah pertanyaannya adalah, GIMANA NASIB NOVEL gue??? Dari sekian banyak fokus gue yang ada dan gue pilah pilih dan gue jalanin satu persatu.

Sebenernya gue lebih fokus di Blog atau di Naskah sih? Yang jelas gue lebih condong ke Naskah dan blog menjadi prioritas kedua gue dalam gue nulis, but wait....
  
      Gue rasa masalah TERPECAHKAN seiring gue nulis artikel ini, hahahaha ajaib banget, seriusan rasanya lega banget ketika yang di galaukan terpecahkan dan dapet solusinya, emang ajaib sih nulis artikel gini tuh, btw gue kok heboh sendiri gini sih??

Gif Adam Azkiya


      Yang jelas gue sekarng mesti lebih fokus ngerjain Naskah ketimbang ngsisi Content Blog, untuk masalah Cinema Camp dan Terbitkan Mimpimu biarkan mengalir tentunya dengan bantuan gue yang gue bisa bantu.

      Mungkin intinya di postingan ini gue sekedar kembali melatih menulis kali ya, tadinya sebelum nulis ini artikel gue mau curhat sih tentang kegalauan gue, yang entah bagaimana endingnya, eh ternyata endingnya malah mecahin masalah gue sendiri.

     Asal memulai aja sih tadi tuh, 40 Menitan doang nulis semua ini, mumpung sekarang libur, ajaib sekali tangal merah Maulid Nabiku ini, gue ganti aja kali ya judulnya jadi Keajaiban Maulid Nabi?
    Pas 4 halaman A4 hahaha, mungkin sekian dulu artikel absurd gue, gue makau sarapan dulu (sekarang pukul 09.56) kebiasaan sarapannya kesiangan kalau libur, jangan di contoh!

By the way, makasih udah luangin waktu untuk baca. 






Best Regards,
Iron Man Signature Adam Azkiya
Freak Nose
Adam Azkiya
    

Share this:

CONVERSATION

5 comments:

  1. panjang beneer *_* ngahaha tapi ini unik sih menurut ekye :3 setuju tuh sama openingnya, ngetik di keyboard lebih enak daripada nulis di kertas, udah pegel, kebagusan tulisanpun ngga terjamin -..- btw aga kesindir tuh sama "males banget baca pengalaman cinta orang lain" asdfghjkl blog ekye isinya banyak curhatan cinta cintaan absurd gitu deh :"""3 ngahaha sut ini rahasia '-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. BTW bila ini orang yang pertama kali bikin komentar di blog gue, Selamaaat (penting sih diselametin)

      Ini juga sebagai masukan awal buat kedepannya, jadi kalau kata bila artikel ini mending di bagi 2 part aja gitu?

      Penulis ga maksud nyindir kesiapa siapa kok :D woles aja, yah

      Hapus
    2. yeay! *tumpengan*
      iyahehe maksudnya begityuh~
      hahaha iya u.u

      Hapus
  2. Sama kayak yang lagi gue alamin sekarang..... dilema.... Kampus dan Kantor aja udah bikin puyeng, jadwalnya nabrak, emang sih kantor ngasi kelonggaran buat kuliah, tapi kuliahnya yg ga bikin kelonggaran, kebijakan yg baru mengharuskan mahasiswanya mengerjakan perkuliahan studio... jadi mau kuliahnya penelitian atau gambar teknik.... mahasiswa harus stay di kampus dari jam 7 ampe jam 5. ;-( ;-( ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah kisahnya sama banget nih sama gue, cuman engga seketat itu kuliahannya, bahaya juga kalau disuruh stay di kampus dari jam 7 sampe jam 5, ga ada waktu dong ya sama kerjaan?

      Emang sih pada dasarnya ngambil kerja sambil kuliah itu engga semudah yang di bayangkan ;( I Know Your Feel Bro

      Hapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)